Sabtu, 03 Februari 2018

Fusngsi dan prosedur dalam pascal

Fusngsi dan prosedur dalam pascal

A. PROSEDUR DALAM PASCAL

Prosedur merupakan bagian yang terpisah dari program dan dapat diaktifkan dimanapun dalam program. Kata prosedur digunakan sebagai judul di bagian deklarasi prosedur, diikuti oleh identifier yang merupakan nama dari prosedurnya secara optional dapat diikuti lagi oleh kumpulan parameter.

Intinya membuat seperti writeln (menulis), read (membaca), ada identifier, kita dapat menambahkan parameter. Tanpa kita deklarasikan dulu variabelnya karena kita hanya menulis. Jadi,  program dapat tetap bisa berjalan tanpa adanya variabel

#1. Contoh program procedur pascal sederhana

Contoh program prosedur pascal ini sudah saya coba dan terbukti berhasil, 100% work (bekerja). Berikut adalah contoh syntax programnya :

program prosedur ;
uses wincrt;
procedure satu;
          begin
          writeln('Aku');
          end;
procedure dua;
          begin
          writeln('Kamu');
          end;
procedure tiga;
          begin
          writeln('Sayang');
          end;
begin
           satu;
           tiga;
           dua;
end.
#2. Contoh Program Prosedur Pascal yang Lebih Kompleks

program procedur_perhitungan;
uses wincrt;

procedure hitung(var a,b,c:integer);
begin     
     c := a+ b;
end;

var x, y, z : integer ;

begin
     x := 2;
     y := 3;
     Hitung (x, y, z);
     write (z);
     end.

B. FUNGSI/FUNCTION DALAM PASCAL


Merupakan bahian yang terpisah dan mirip dengan prosedur, namun ada perbedaannya. Kata fungsi mengawali bagian deklarasi fungsi diikuti oleh identifier yang merupakan nama dari fungsinya dan secara optional dapat diikuti oleh kumpulan parameter, tipe dan fungsinya dan diakhiri dengan titik koma.

Function terletak pada bagian prosedur dan tidak bisa berdiri sendiri sehingga membutuhkan bantuan dari bagian yang lain, dan di sinilah perbedaannya.

Contoh Program Function/Fungsi Sederhana

program fungsi;
uses wincrt;
function hitung (a, b : integer):integer;
         begin
        ; if a>b then hitung :=(a*b)+2
         else
         hitung :=(a+b)*2;
         end;
var a, b :integer;
begin

clrscr;
write ('Masukkan bilangan 1 :'); readln (a);       
write ('Masukkan bilangan 2 :'); readln (b);
write ('Bilangan terbesar :',hitung (a,b));
end.
Sumber: Siswa Master
Share:

User Interface Dalam Bahasa Pemrograman

    User Interface Dalam Bahasa Pemrograman

  • Pengertian antarmuka
Interface adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
         Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
         User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
  • Tujuan antarmuka pengguna (User Interface)
Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua—barangkali kedua tertua setelah gestur—yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis semua pengguna komputer dan Internet—kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca—dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya. Artikel ini akan mencoba memberikan beberapa pertimbangan pemilihan bahasa dan istilah untuk meningkatkan usability melalui perbaikan komunikasi dengan user.
  • Jenis-jenis User Interface
Ada dua jenis User Interface yaitu :
1 . Command Line Inteface (CLI) :
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal.CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.
Pengguna CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.
2. Graphical User Interface (GUI)
Saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface).Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows.Bagi mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, kon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball.
Sama seperti CL, tiap-tiap siste operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama desktop environment, yang masing-masing menghasilkan roduk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME.
  • Prinsip-prinsip dalam Merancang User Interface
Berikut ini prinsip-prinsip UID:
  1. User familiarity / Mudah dikenali : gunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukandirectories, file, identifiers. — jenis document open office.
  2. Consistency / “selalu begitu” : Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan. — layout menu di open office mirip dgn layout menu di MS office.
  3. Minimal surprise / Tidak buat kaget user : Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
  4. Recoverability/pemulihan : Recoverability ada dua macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
  5. User guidance / bantuan : Sistem manual online, menu help, caption pada icon khusus tersedia.
  6. User diversity /keberagaman : Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar.
  • User Interaction (Interaksi pengguna)
Perancang sistem menghadapi dua masalah penting yaitu bagaimana informasi dari user bisa disediakan untuk sistem komputer – misalnya pada saat input data dan bagaimana informasi dari sistem komputer ditampilkan untuk user – hasil dari pemrosesan data. User interface yang baik harus menyatukan interaksi pengguna (user interaction) dan penyajian informasi (information presentation).
Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
  1. Direct manipulation
Pengoperasian secara langsung: interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.
  • Kelebihan: Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.
  • Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek
  1. Menu selection 
Pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnyasaat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.
  • Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.
  • Kekurangan :Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.
  1. Form fill-in 
Pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh: Stock control.
  • Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari
  • Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.
  1. Command language
Perintah tertulis: Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
  • Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
  • Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya – tidak cocok untuk user biasa.Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
  1. Natural language 
Perintah dengan bahasa alami: Gunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.
  • Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat) – misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
  • Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
  • Penyajian Informasi (Information Presentation)
Sistem yang interaktif pasti menyediakan cara untuk menyajikan informasi untuk pengguna. Penyajian informasi bisa berupa penyajian langsung dari input yang diberikan (seperti teks pada word processing) atau disajikan dengan grafik. Beberapa faktor berikut adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan
bentuk penyajian informasi:
  • Apakah pengguna perlu informasi dengan ketepatan tinggi atau data yang saling berhubungan?
  • Seberapa cepat nilai informasi berubah? Harus ada indikasi perubahan seketika?
  • Apakah pengguna harus memberi respon pada perubahan?
  • Apakah pengguna perlu melakukan perubahan pada informasi yang disajikan?
  • Apakah informasi berupa teks atau numerik? Nilai relatif perlu atau tidak?
Informasi bisa bersifat statis atau dinamis ketika disajikan, masing-masing baik dengan karakteristik yang berbeda dan kebutuhan yang berbeda pula:
  1. Static information:
  • Ditentukan saat awal sesi. Tidak berubah selama sesi berjalan.
  • Bisa berupa informasi numeris atau teks Chart di MS-Excel
  • Disajikan dengan jenis huruf khusus yang mudah dibaca atau diberi highlight dengan warna tertentu seperti pada Gambar 4 atau menggunakan icon yang mewakili
  1. Dynamic information:
  • Perubahan terjadi selama sesi berlangsung dan perubahan harus dikomunikasikan/ditunjukkan ke user
  • Bisa berupa informasi numeris atau teks. Contoh : Defragmentation, scanning virus, download
3
Nilai-nilai relatif misalnya seperti pada Gambar berikutnya. Selain nilai yang disajikan relatif, informasinya bersifat dinamis, karena berubah saat sesi berjalan. Untuk nilai digital kita biasanya gunakan untuk menunjukkan jam pada jam sistem di komputer. Selain ketepatan diperlukan, perubahannya tidak terjadi secara cepat.
Sumber: Muhammad Ilham
Share:

Jumat, 02 Februari 2018

6 HP Yang Cocok Bagi Pecinta Outdoor

6 HP Yang Cocok Bagi Pecinta Outdoor

ini dia rekomendasi HP yang cocok bagi para pecinta outdoor,karena merek HP berikut ini memiliki ketahanan yang lebih unggul dari merek HP lainnya,dan tentunya harga pas dikantong

1. Sony Xperia Z1S (Rp 1,8 Juta)

Mantas smartphone flagship milik Sony ini jadi salah satu smartphone dengan ketahanan terkuat. Dengan dilindungi dengan sertifikasi IP58, Xperia Z1S mempunyai kemampuan untuk bertahan dari debu dan juga air.
hp-murah-tahan-banting
Walaupun dirilis tahun 2014, tapi spesifikasi smartphone ini masih bisa bertahan sampai sekarang lho. Dengan chipset Snapdragon 800 dan kartu grafis Adreno 330, ditambah RAM berkapasitas 2GB, membuat Xperia Z1S masih sanggup digunakan sampai sekarang.
SpesifikasiSony Xperia Z1S
OSAndroid 5.1 Lollipop
Layar5 inci 1080 x1920 piksel ~441 ppi
ChipsetSnapdragon 800
MemoriRAM 2GB, Internal 32GB
KameraUtama 20,7 MP, depan 2MP
Baterai3000 mAh

2. Polytron Prime 7 (Rp 2,4 juta)

Produsen dalam negeri kembali menggebrak pasar lokal dengan merilis Prime 7 yang punya fitur tahan banting sebagai daya jualnya. Fitur tahan banting ini sendiri diberi julukan 'Break Resistant' oleh Polytron yang sanggup bertahan ketika Prime 7 dijatuhkan dari lantai 2.
hp-murah-tahan-banting-1
Smartphone ini juga mempunyai spesifikasi yang lumayan dengan CPU Octa-core dengan kapastias RAM 3GB. Layar yang berukuran 5 inci ini telah dilindungi dengan Gorilla Glass yang akan membuat layarmu lebih kuat.
SpesifikasiPolytron Prime 7
OSAndroid 6.0.1 Marshmallow
Layar5 inci 720 x 1280 piksel IPS HD Retina
ChipsetOcta-core 1,5GHz ARM Cortex-A53
MemoriRAM 3GB, Internal 32GB
KameraUtama 13MP, depan 8MP
Baterai2900 mAh

3. Blackview BV6000 (Rp 2,4 Juta)

Jika dilihat dari penampilannya, Blackview BV6000 memang terlihat seperti HP tahan banting dan cocok digunakan untuk kamu yang sering kegiatan di outdoor. Bukan hanya penampilannya, BV6000 juga mempunyai sertifikasi IP68 yang membuatnya anti debu dan air.
hp-murah-tahan-banting-2
Masalah spesifikasinya, smartphone satu ini menggunakan prosesor MediaTek MT6755 dengan RAM berkapasitas 3GB. Kapasitas baterainya juga lega, yaitu 4500 mAh yang mampu bertahan lama tanpa perlu di-charge.
SpesifikasiBlackview BV6000
OSAndroid 6.0 Marshmallow
Layar4,7 inci 720 x 1280 piksel IPS Color
ChipsetMediaTek MT6755
MemoriRAM 3GB, Internal 32GB
KameraUtama 13MP, depan 5MP
Baterai4500 mAh

4. Blackview BV5000 (Rp 1,5 Juta)

Yang satu ini bisa dibilang 'adik' dari Blackview BV6000 karena mempunyai ketangguhan yang sama namun dengan spesifikasi yang berbeda. Blackview BV5000 mempunyai sertifikasi IP67 yang membuatnya mampu bertahan di keadaan berdebu ataupun terkena air sekalipun.
hp-murah-tahan-banting-3
Sebenarnya tidak ada yang spesial dari spesifikasinya, dengan chipset MediaTek MT6735 dengan kapasitas RAM 2GB. Namun, kapasitas baterainya yang mencapai 5000 mAh, justru mampu membuat smartphone ini menjadi powerbank bagi smartphone lainnya.
SpesifikasiBlackview BV5000
OSAndroid 6.0 Marshmallow
Layar5 inci 720 x 1280 piksel IPS Color
ChipsetMediaTek MT6735 Quad-core 64-bit
MemoriRAM 2GB, Internal 16GB
KameraUtama 8MP, depan 2MP
Baterai5000 mAh

5. BLU Tank Xtreme 5.0 (Rp 1,3 Juta)

Sebetulnya untuk smartphone dengan kisaran harga Rp 1,3 juta, jangan berharap banyak untuk masalah fitur dan spesifikasi. Tapi BLU mempunyai penawaran yang bagus pada smartphoen Tank Xtreme 5.0 yang dijelaskan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP65.
hp-murah-tahan-banting-4
Spesifikasinya sendiri cukup sederhana mengingat harganya juga yang murah, yaitu dengan chipset MediaTek 1,3GHz dengan RAM berkapasitas 1GB. Walaupun begitu, harga Rp 1,3 Juta dengan fitur tahan banting dan air, Tank Xtreme 5.0 sangat direkomendasikan untuk kamu yang doyan melakukan kegiatan Xtreme.
SpesifikasiBLU Tank Xtreme 5.0
OSAndroid 6.0 Marshmallow
Layar5,0 inci 720 x 1280 piksel IPS Color
ChipsetMediaTek MT6580 Quad-core 1,3GHz
MemoriRAM 1GB, Internal 8GB
KameraUtama 5MP, depan 5MP
Baterai3000 mAh

6. Sonim XP6 (Rp 1,6 Juta)

Perusahaan yang memfokuskan diri untuk membuat device-device yang tahan banting ini mempunyai produk hp murah tahan banting dengan nama XP6. Dalam demonstarsinya, smartphone ini dapat bertahan dalam suhu ekstrim -20 derajat sampai 55 derajat celcius lho!
hp-murah-tahan-banting-5
Yang unik dari HP ini adalah bentuknya yang menggabungkan antara smartphone dan featured phone. Namun jangan berharap XP6 punya spesifikasi yang dewa ya. Karena HP ini sendiri hanya menggunakan chipset Snapdragon 400 dengan kapasitas RAM 1GB.
SpesifikasiBlackview BV5000
OSAndroid 4.4.2 KitKat
Layar2,63 inci 320 x 432 piksel
ChipsetSnapdragon 400
MemoriRAM 1GB, Internal 8GB
KameraUtama 8MP, depan 2MP
Baterai4800 mAh
itu dia 6 HP yang cocok untuk outdoor.Tentunya juga cocok di kantong
Share:

Postingan terbaru

Baca Juga Cara Mudah Membuat Link di Halaman yang Sama - Mengarahkan ke Bagian Tertentu 17+ Situs Tempat Download Gambar Gratis untuk Artikel Blog + Others Cara Submit Tax Akun Google Adsense USA Terbaru + Jasa Submit Recent Posts Widget

jumlah pengunjung

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
Assallamualaikum wr.wb Perkenalkan nama saya Bagus Karunia Fajar,saya lahir di Pati pada tanggal 09 Agustus 2002.Saya tinggal di Desa Pasucen RT 03 RW 04,kecamatan Trangkil,Kabupaten Pati.Saat ini saya masih bersekolah di SMKN 2 Pati Wassallamualaikum wr.wb